Senin, 13 Februari 2012

Splicing Kabel Fiber Optic

Kali ini saya akan membahas apa sajah peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan penyambungan kabel fiber optic. Berikut ini adalah alat-alat yang digunakan:








 Splicer adalah alat yang digunakan untuk menyambung ujung kabel dengan Pig tail dan penyambungan dua kabel di dalam Joint Closure. Alat ini adalah alat yang paling penting dan sangat dibutuhkan perawatan yang baik. Kualitas splicer mulai menurun ketika telah melakukan kira-kira 1.500 kali penyambungan. Biasanya penghitungan loss db mulai tidak akurat ketika splicer sudah mencapai angka penyambungan ke 1.500.

 Gambar di samping ini adalah bagian dari splicer yang menghubungkan kedua ujung kabel. dilengkapi dengan lampu sorot mini, kamera mini, dan pengukur yang sangat presisi.
 Gambar di samping adalah heater / pemanas. Setelah kabel menjadi satu, bagian yang terbuka tadi diberi pelindung. Pelindung dipanaskan dengan heater ini agar kuat dan tidak lepas.



Cleaver merupakan alat pemotong kabel yang sangat presisi. Digunakan untuk meratakan ujung kabel agar ketika dihubungkan tidak memiliki loss decibel yang besar. Standard loss decibel yang ditetpkan oleh ICON+(PT. Indonesia Comnets Plus) adalah dibawah 0,05 db.

Pisau yang digunakan berbentuk lingkaran. ketika sudah tumpul bisa diputar ke bagian yang lebih tajam. Sisa kaca langsung masuk ke kotak pembuangan.
Tang Pengupas ini digunakan untuk mengupas kabel FO.Ada beberapa ukuran lubang yang menyesuaikan dengan lapisan-lapisan pelindung kaca fiber. Alat pemotong ini jarang dijual di pasaran, biasanya alat ini include menjadi satu tool kit.
Alkohol dan tissue digunakan untukmembersihkan kaca pada kabel fiber optic. kebersihan kaca mempengaruhi kualitas kabel pada saat dilakukan splicing. Kaca yang kotor mengakibatkan loss decibel yang besar

2 komentar:

  1. bagus mas penjelasannya, singkat dan jelas... terimakasih

    BalasHapus
  2. Terima kasih sudah berbagi Pengetahuan.
    Baik Bapak Ibu dan Saudara Saudari sekalian, jika ada kebutuhan untuk alat SPLICER dan Aksesories FO dengan harga yang kompetitif, dapat menghubungi saya. Terima kasih

    BalasHapus